Minggu, 20 Maret 2011

Pengalaman Dalam Membuat WEB Multimedia

Dalam tugas kali ini saya akan memberikan pengalaman saya dalam pembutan multimedia pada sebuah web, pertama pastinya saya harus tahu tema dan tujuan dalam pembutaan web, agar nantinya pada saat pembuatan kita tidak binggung untuk membagun rancangannya dan implementasinya. Misalnya saya akan membuat sebuah web e-commerce. maka saya akan focus untuk pembuatan rancangannya, desigannya, alur programnya, implementasi pada programnya. Tujuan dan tema ini saya ibaratkan seperti orang yang berpidato, bila seseorang sedang berpidato tanpa tahu tema nya atau tujuan maka yang akan disampaikan pun atau kesimpulannya tidak akan sampai ke audience, tetapi jika sudah tahu tujuannya memakai bahasa apapun akan sampai ke tujuan tersebut, walaupun belum tentu jadi indah karena karena belum memakai kaidah-kaidah bahasa tersebut atau aturan dalam bahasa tersebut, ibaratkan bahasa pemograman mempunyai macam-macam aturan, kemudian agar alur tersebut tetap baik dan dari segi waktu efektif dan efesien kita dapat menggunakan alur atau step-step untuk mencapai tujuan tersebut.
Langkah kedua, setelah saya tahu tujuaan saya akan melanjutkan untuk membuat rancangannya atau disegn untuk web saya, design disini untuk tampilan sebuah webnya berserta alur dari web tersebut, misalnya ERD(Entity Relationship Diagram), kemudian linknya harus berhubungan kemana aja. Misalnya di e-commerce, ada link untuk pemesanan dari pemesanan itu link akan menghubungkan ke syarat-syarat pelanggan atau juga cara pemesanan produk dan bagaimana cara pembayarannya apakah tunai? Atau kredit?, langsung atau tidak?.
Langkah ketiga, karena saya ingin membuat web yang berbasis multimedia maka saya akan membuat semacam video visual, dimana nanti video tersebut akan menjadi multimedianya, sebeumnya saya akan menjelaskan multimedia itu apa? multimedia adalahpenggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game, itu tdi sedikit dari penggetian suatu multimedia. biasanya dalam menggunakan multimedia saya biasa menggunakan adobe flex dan adobe flash.
Langkah keempatnya menggunakan bahasa pemograman, saya menggunakan bahasa pemograman PHP dan MYSQL, setelah mengcoding, saatnya mengimplementasi untuk menjadi sebuah website berbasis multimedia. ada baik jika dalam mengetes program, baiknya kita menggunakan 3 browser karena ada browser yang tidak menampilkan sebuah unsur multimedianya, maksud saya mungkin saja bisa tetapi terkadang ada yang tidak memuaskan dalam segi tampilan.
Langkah kelima, domain dan hosting ini adalah langkah terakhir setelah kita membuat sebuah website, dimana file yang kita buat secara local akan menjadi global dan dapat terlihat diseluruh penjuru dunia. mungkin itu saja pengalaman dari saya dalam membuat website multimedia. kekurangan datang dari saya kebenaran datang dari Allah SWT.. sekian dan terima kasih..

1 komentar: